Manfaat / Khasiat Buah Mengkudu atau Buah Pace

tumbuhan mengkudu atau pace

ARTIKEL I

Khasiat buah Mengkudu untuk Mengobati Batuk Dan Beri-Beri

Nama:
Pace, kudu, cengkudu, kemudu (Jawa), cangkudu (Sunda); eodu, mengkudu, bengkudu, (Sumatera); wangkudu, manakudu, bakulu (Nusa tenggara); mangkudu, wangkudu, dan labanan (Kalimantan), Morin
da citrifolia (Latin), Indian mulberry, noni, morinda, hog apple, canary wood (Inggris), morinde (Perancis), mengkudu (Malaysia), bankoro (Filipina), tumbong-aso (Tagalog), nhoer srok (Kamboja), nhoo baanz (Laos), yo baan, mataa-suea, yae-yai (Thailand), ngao (Vietnam), noni, hog apple, canary wood.

Efek herbal:
Daging buah bisa digunakan sebagai shampo untuk membersihkan rambut
Empiris:
Mengkudu mempunyai berbagai khasiat penyembuhan terhadap berbagai penyakit generatif seperti tumor, kanker, darah tinggi. Masyarakat memakainya sebagai obat diabetes, beri-beri, asma, demam, dan gangguan saluran pernapasan. Di Filipina daun mengkudu dipakai sebagai obat arthritis (rematik). Di Papua Nugini akar pohon mengkudu digunakan sebagai penurun demam, daunnya untuk pneumonia, sakit kepala, dan demam. Di Vietnam, buahnya untuk disentri dan flu, kulit akar untuk hipertensi, sedangkan daunnya untuk disentri dan diarhoea.
Manfaat lain dari mengkudu adalah menghilangkan ketombe, antiseptik, obat tekanan darah tinggi, radang empedu, radang usus, disentri, liver, obesitas, dan memperbaiki gangguan menstruasi. Secara empiris mengkudu bisa meningkatkan daya tahan tubuh, analgesik, menormalkan tekanan darah, serta memperbaiki sistem pencernaan. Herbalis memanfaatkannya karena sifat antiradang, antibakteri, dan kemampuannya memperbaiki sistem kardiovaskular.
Prof Dr Sumali Wiryowidagdo Apt, ahli farmokologi dari Universitas Indonesia membuktikan bahwa pace—sebutan lain mengkudu—terbukti multi khasiat. Sebut saja antihipertensi, antistroke, antibakteri, antikanker, dan antioksidan. Mengkudu juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, membantu siklus reproduksi sel telur, mengontrol rasa lapar, dan meningkatkan stamina dan vitalitas.
Senyawa aktif:
Di dalam daging buah tersebut terdapat zat terpenoid, yaitu hidrokarbon isometrik yang terdapat pada lemak atau minyak esensial yang berperan dalam proses sintetik organik dalam tubuh manusia. Buah mengkudu kaya senyawa aktif seperti xeronine dan proxeronine. Di dalam akar terkandung antrakuinon (damnakantal) yang berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri dan antikanker, senyawa morindin dan morindon sebagai antibakteri dan zat pewarna. Di dalam daun terkandung antrakuinon, glikosida (flavonol glikosida dan lain-lain) sebagai antikanker dan karotin merupakan sumber vitamin A.

Kandungan kimia terpenting adalah alkaloid (xeronin) yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein, polisacharida (asam glukoronat, glikosida) sebagai imunostimulan, antikanker, dan antibakteri. Scopoletin berfungsi memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah tinggi, analgesik, antiradang, antialergi, antidiabetes. Ascorbin (vitamin C) sebagai antioksidan. Proxeronine berfungsi meningkatkan kadar xeronine yang menormalkan protein sel abnormal dalam tubuh.
Resep:
1. Batuk
Bahan:
1 buah Buah mengkudu
1 buah Jeruk nipis
3 gr Kapur sirih
Cara membuat:
Buah mengkudu dikupas, dibuang bijinya, dihaluskan, lalu saring. Campur dengan 2 gelas air, perasan air jeruk nipis, dan kapur sirih. Aduk hingga semua merata, lalu saring lagi. Ramuan diminum 4 kali sehari masing masing 1/2 gelas.
2. Batuk rejan
Bahan:
1 buah Buah mengkudu
10 lembar Daun jinten
10 lembar Daun semanggi
Cara membuat:
Buah mengkudu dicuci bersih, dibuang kulitnya, lalu ditumbuk halus. Campurkan dengan 1 gelas air lalu saring. Sementara itu daun jintan dan daun semanggi direbus dalam 1/2 liter air selama 10 menit. Setelah masak matikan api, campurkan dengan air mengkudu. Berikan sedikit garam sebagai perasa. Minum 2-3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
3. Beri-beri
Bahan:
20 gr Buah mengkudu
20 gr Buah tomat
Gula merah secukupnya
Cara membuat:
Bersihkan buah mengkudu, buang bijinya. Tumbuk halus mengkudu dan tomat. Saring campuran itu. Tambahkan 1/4 liter air. Beri gula merah secukupnya. Minum 2 kali sehari, 3 kali seminggu.

(Sumber : id.shvoong.com)

Untuk membeli kapsul ekstrak MENGKUDU dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan klik blog : Toko Obat Herbal Online.

ARTIKEL II (Sumber : tanamanobat.dagdigdug.com)

Siapa yang tidak kenal MENGKUDU atau PACE ? Jenis buah ini umumnya dihindari banyak orang karena memiliki bau yang kurang sedap. Namun dibalik itu, mengkudu memiliki khasiat kesehatan. Mengkudu juga dikenal dengan nama Pace, Lengkudu, Noni, Bangkudu, Cangkudu, dan Magic Plant. Buah mengkudu yang telah matang berwarna putih dan lunak. Tanaman mengkudu termasuk tumbuhan dari keluarga kopi-kopian (Rubiceae) merupakan tanaman daerah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan bagi tubuh manusia. Salah satu khasiat buah mengkudu yang sampai sekarang masih dimanfaatkan orang sebagai jamu tradisional ialah mengobati radang tenggorokan yang menimbulkan demam dan tekanan darah tinggi. Juga radang usus yang menimbulkan efek yang sama, dapat diturunkan dengan buah ini.

Mengkudu (Morinda tinctoriaMorinda citrifolia) boleh dijadikan jus untuk diminum.

Buah mengkudu dikenali dengan pelbagai nama mengikut negara. Contohnya “Noni” (Hawaii, Polynesia); “Nono” (Tahiti); “Lada” (Guam); “Indian Mulberry” (India); “Painkiller tree” (Kepulauan Caribbean); “Nhau” (Sebahagian di Asia Tenggara); “Cheesefruit” (Australia); “Bumbo” (Afrika) dan “Kura” (Fiji).

Ilmu pengetahuan menyebutnya sebagai Morinda citrifolia. Pohon mengkudu yang telah dewasa dapat mencapai ketinggian 20 kaki (sekitar 6 meter). Mengkudu sering dikonsumsi sebagai  makanan, hampir semua bagian tanaman mengkudu dapat digunakan untuk jamu-jamuan selama ribuan tahun yang lalu mulai dari kepulaun Polinesia dan berbagai wilayah tropis dan sub tropis lainnya.

Para “tabib” Bangsa tradisional Polynesian telah menggunakan mengkudu selama ratusan tahun untuk menolong penyembuhan banyak penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, arthritis/penyakit tulang, penyakit karena pencernaan, bruises, sprains, skin afflictions, kram menstruasi, kondisi aging, dan banyak lagi. Diyakini buah mengkudu sebagai pembersih darah dari bakteri yang berbahaya.

Berikut ini deskripsi buah mengkudu =

Pokok Mengkudu ialah pokok malar hijau dengan silara berbentuk kun, tumbuh setinggi 7 m.
Daun Daun tersusun dalam pasangan yang bertentangan, dan berbentuk bujur-tirus. Daun berwarma hijau tua berkilat, licin dan hujungnya runcing.  Rata rata ukuran daun ialah 30-35 cm panjang dan 13-15 cm lebar. Di setiap pangkal tangkai daun terdapat pemunculan daun / batang berbentuk seperti lidah berwarna hijau berukuran lebih kurang 1.5 cm panjang.
Batang Kulit batang pokok berwarna kelabu dan mempunyai dahan empat segi.
Bunga Bentuk bunga tumbuh pada batang yang bentuknya menyerupai ketupat. Bunga adalah bisexual dan berbau wangi.
Buah Buahnya berisi, jenis biji yang sangat banyak dan berbentuk bujur.  Apabila masak
buahnya berubah warna menjadi krim keputih-putihan.
Bagian yang digunakan Buah, daun, dan akar

Untuk membeli kapsul ekstrak MENGKUDU dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan : Klik di Sini.

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Pos ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s