Kayu Manis Obat Rambut Rontok

tanaman kayu manis

ARTIKEL I

Kenapa disebut kayu manis?? Karena rasanya memang manis. Kayu manis merupakan tumbuhan asli Indonesia. Kayu manis adalah salah satu rempah yang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai bumbu penyedap masakan dan pembuatan kue, kayu manis sejak dulu dikenal memiliki berbagai khasiat. Bahkan, kayu manis saat ini sudah menjadi bagian dari bahan baku dalam industri jamu dan kosmetika.
Kayu manis (Cinnamomum burmanii) memang memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan. Tumbuhan yang kulit batang, daun, dan akarnya bisa dimanfaatkan sebagai obat ini, berkhasiat sebagai peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, meningkatkan nafsu makan (istomachica), dan menghilangkan sakit (analgesik). Kandungan kimia yang terdapat dalam kayu manis adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Sifat kimia dari kayu manis adalah pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

Menurut pakar obat-obatan herbal, Prof Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak khasiat obat. Di antaranya, obat asam urat, obat tekanan darah tinggi (hipertensi), obat radang lambung atau maag (gastritis), tidak nafsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariawan, asma, sakit kuning, dan lain-lain.

Untuk obat asam urat, ramuannya : sebanyak 1 ibu jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, 15 gram jahe merah, direbus dengan 1.500 cc air hingga tersisa 500 cc. Ramuan kemudian didinginkan dan disaring lalu ditambahkan 200 cc susu cair dan diminum. Sementara ubinya yang ikut direbus dimakan.

Resep obat asam urat lainnya : 1 ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun cocor / sosor bebek, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusan didinginkan, disaring dan diminum.

Mengatasi tekanan darah tinggi : 2 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 10 gram kencur, 15 gram daun sena, dan 20 gram daun saga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Rebusan disaring dan diminum selagi hangat. Resep lainnya : 1 jari kulit kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram seledri, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya kemudian diddisaring dan diminum hangat-hangat.

Obat maag : 10 gram kayu manis direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc, lalu disaring dan diminum selagi hangat.

Obat sakit kepala : 10 gram kayu manis, 3 butir cengkih, 5 gram biji pala, 5 gram merica, 10 gram jahe, ditumbuk hingga menjadi bubuk. Lalu diseduh dengan air secukupnya, disaring, dan diminum secara teratur.

Mengatasi masuk angin dan perut kembung : 5 gram kayu manis, 10 gram jahe, 5 butir cengkih, 5 gram pulasari, 5 gram adas, 5 gram biji pala, dan gula aren secukupnya, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat sebanyak 150 cc. Lakukan tiga kali sehari.

Obat diare : 5 gram kayu manis, 5 lembar daun jambu biji, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air disaring dan ditambahkan gula secukupnya, kemudian diminum 150 cc sebanyak dua kali sehari.

(Sumber : bpkh9.dephut.co.id)

Untuk membeli kapsul KAYU MANIS dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan Klik di Sini.

ARTIKEL II

Selain enak dikonsumsi, madu dan kayu manis juga mempunyai manfaat lain.

Obat Rambuk Rontok.
Untuk orang yang mengalami rambut rontok atau kebotakan, gunakan campuran berikut ini: Campur 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis. Oleskan pada kepala sebelum mandi. Diamkan selama 15 menit, baru dibasuh.

Obat Bau Nafas.
Campur 1 sdm madu dan 1 sdt kayu manis dalam satu gelas air hangat. Ramuan ini dapat membuat nafas tetap segar untuk beberapa jam. Sangat cocok diminum pada saat puasa di bulan Ramadhan.

Obat Jerawat.
Oleskan 3 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Biarkan selama satu jam seperti layaknya masker.
Kalau dilakukan rutin selama dua minggu, jerawat bisa hilang secara bertahap.

(Sumber : obatsakit2011.blogspot.com)

Untuk membeli kapsul KAYU MANIS dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan klik blog : OBAT TRADISIONAL.

ARTIKEL III

Beberapa tip untuk menagatasi VERTIGO :

Hadapi dengan tenang sewaktu gejala ini menyerang. terutama bila anda sedang berkendaraan. dan anda menjadi sopir atau pengemudinya. pinggirkan kendaraan anda dan atur pernapasan anda, sampai sensasi itu benar benar dirasakan berkurang baru anda melanjutkan perjalanan anda.

Segera cari air putih dan konsumsi sebanyak anda bisa, ini atas saran dari beberapa teman yang pernah mengalaminya juga.

VERTIGO Terjadi karena ada sebabnya juga coba cari tahu, kalau dikarenakan terlalu banyak chating hingga sampai pagi (begadang), kita harus hindari. Atau dikarenakan terlalu banyak makan sea food sehingga kolesterol naik, kita mesti harus berpantang memakannya.

Ada beberapa obat yang diberikan dari dokter kepada saya :

MERTIGO 2 x 1 hari

BENOCETAM 1200 mg 2 x 1 h

TEBOKAN 40 mg 3 x 1 h

FREGO Flunarizine 1x 1 h

Berikut ini Salah satu Obat tradisional untuk vertigo, semoga membantu :

Berbagai tanaman obat tradisional, termasuk kayu manis (Cinnamoman burmanii)

Kayu manis merupakan rempah-rempah dalam bentuk kulit kayu yang biasa dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa masakan dan pembuatan kue, sejak dulu ia dikenal punya berbagai khasiat. Kayu manis saat ini juga sudah menjadi bagian dari bahan baku dalam industri jamu dan kecantikan. Sifat kimia dari kayu manis ialah hangat, pedas, wangi, dan sedikit manis. Sementara itu, kandungan kimianya antara lain minyak atsiri, safrole, sinamadehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksanat, dan zat penyamak. Biasanya, rasa dan aroma kayu manis bubuk lebih tajam dibandingkan kayu manis batangan. Akan tetapi, kayu manis bubuk tidak dapat bertahan lama karena kayu manis bubuk mudah rusak dan aroma kayu manis akan hambar.

Khasiat

Kayu manis berkhasiat untuk obat asam urat, tekanan darah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakit kepala (Vertigo), masuk angin, diare, perut kembung, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, asma, sariawan, sakit kencing, dan lain-lain.

Cara meramu resep I

Untuk vertigo, 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun seledri, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring dan dinimum selagi hangat.

Resep II

Kayu manis seibu jari manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, dan 4 lembar daun sosor bebek. Rebuslah ramuan tersebut dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc. Setelah itu, air rebusan disaring dan diminum.

Memang, jika dibandingkan obat-obat kimia modern, obat tradisional diyakini relatif aman. Kayu manis Indonesia atau Kayu manis China (beli di toko obat) sama khasiatnya. Untuk kayu manis china, dapat langsung diseduh dan diminum.

(Sumber : id-id.facebook.com/note.php?note_id=202998893109683)

Untuk membeli kapsul KAYU MANIS dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan Klik di Sini.

About these ads

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s