Manfaat / Khasiat Obat Herbal Kumis Kucing

tumbuhan kumis kucing

ARTIKEL I

SELAIN sebagai tanaman hias, kumis kucing ternyata berkhasiat menyembuhkan keluhan batu ginjal dan radang ginjal.

Tanaman dengan nama latin Orthosiphon aristatus ini termasuk dalam famili Lamiaceae / Labiatae. Kumis kucing umumnya tumbuh di tempat dengan ketinggian 500 – 1.200 m dpl.

Sebagai obat, Anda dapat memanfaatkan daun kumis kucing yang basah mapun kering. Untuk pengobatan ini, sediakan 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya dan 25 g daun keji beling.

Cuci bersih bahan-bahan itu lalu rebus dalam empat gelas air. Tunggu hingga mendidih dan minumlah air rebusan itu dalam sehari. Semoga bermanfaat! (suaramerdeka.com)

(Sumber : beritahothariini.blogspot.com)

Untuk membeli kapsul ekstrak KUMIS KUCING dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan Klik di Sini.

ARTIKEL II

Nama Umum : Kumis Kucing, ,Remujung, Misai Kucing (Malaysia), Yaa Nuat Maeo (Thailand).
Nama Ilmiah : Orthosiphon stamineus Benth, atau Ocimum aristatum BI
Familia : Lamiaceae

Orthosiphon aristatus adalah dari keluarga Lamiaceae / Labiatae. Tanaman obat herbal yang ditemukan terutama di seluruh Asia Tenggara dan Australia tropis

Tanaman berbentuk semak, batangnya basah, tingginya bisa mencapai 1,5 meter itu. Bisa tumbuh di tempat yang kering maupun basah pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, tanaman ini memiliki daun berbentuk telur taji, tepi daunnya bergerigi kasar. Bunganya mengeluarkan benang sari dan putik berwarna putih atau ungu.

Daunnya mengandung kadar kalium (boorsma) yang cukup tinggi. Ia juga mengandung glikosida orthosiphonin yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh. Terutama dari kandung kemih, empedu dan ginjal., rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

Untuk mengobati penyakit infeksi ginjal dan hipertensi, cuci 30 gram herba segar kumis kucing, herba daun sendok dan rumput lidah ular. Rebus itu semua dalam tiga gelas air sampai hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum setengah gelas sebanyak dua kali sehari.

Hal ini dipercaya selama berabad-abad untuk mengobati penyakit ginjal, batu kandung kemih, infeksi saluran kemih, hati dan masalah kandung kemih, diabetes, rematik dan asam urat. Dan, itu juga digunakan untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Juga, diyakini sebagai antiallergic, antihipertensi, anti inflamasi dan diuretik properti. Selain itu, digunakan sebagai obat untuk arteriosclerosis (kapiler dan gangguan peredaran darah), batu ginjal, diabetes dan nefritis.

Selain itu, ia memiliki tindakan diuretik ringan, sehingga sangat berguna untuk pembilasan ginjal dan saluran kemih. Kemudian, hal itu juga meringankan kejang dari otot polos di dinding organ-organ internal, sehingga berharga untuk masalah kantong empedu. Para peneliti telah menemukan hal itu terjadi sedikit antiseptik juga.

(Sumber : kiathidupsehat.com)

ARTIKEL III

Nyeri buang air seni: Cara I: Seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh, boleh juga kalau diberi gula aren. Cara II: 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan, 7 batang meniran, rebus dengan dua gelas air sampai air tinggal setengah. Minum air rebusan itu sebanyak 3x sehari.

Batu ginjal: Cara I: 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 g daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keji beling, dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Minum semua air rebusan itu dalam sehari. Cara II: 3 genggam daun kumis kucing, 5 helai daun keji beling dicuci, rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya 2x sehari, pagi dan sore, selama 10 hari. Sesudah 10 hari, ganti dengan air rebusan jagung muda, 1 x sehari. Hindari makan daging kambing, durian serta makanan pedas.

Rematik: Sesendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan, 1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan juga, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4. Saring. Lalu diminum.

Sakit pinggang: 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing dicuci. Rebus dengan 1 gelas air. Biarkan satu malam, baru diminum.

Radang ginjal: 40 helai bunga dan daun kumis kucing, 3 belimbing wuluh tua dicuci, dihaluskan. Seduh dengan 2 gelas air. Minum 3x sehari. Lakukan selama 1 minggu.

Masuk angin: 1 sendok daun kumis kucing dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Demam: 100 g akar kumis kucing dicuci, rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring, dan ambil airnya. Minum air rebusan ini 1 gelas sehari

(Sumber : warintek.ristek.go.id)

ARTIKEL IV

Khasiat untuk pengobatan

1) Infeksi saluran kencing atau sering kencing (anyang-anyangan)
Petiklah tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 g. Tambahkan daun meniran dan Asiatic Dayflower (Commelia communis) masing-masing 30 g. Rebus dan minumlah.

2) Kencing yang tersendat dan disertai rasa sakit
Daun kumis kucing yang dikeringkan dapat diseduh, seperti teh, lalu diminum dengan gula aren juga berkhasiat.

3) Darah tinggi
Siapkan daun kumis kucing yang basah dan kering sebanyak 50 g. Daun kumis kucing yang kering dibersihkan lalu direbus dengan air secukupnya. Daun yang segar langusng diseduh dengan air panas. Hasil ramuan keduanya diambil lalu disaring. Ramuan ini sebaiknya diminum segelas sehari.

4) Demam
Siapkan 100 g akar kumis kucing. Cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 2000 cc. Setelah mendidih diamkan air sampai tidak terlalu panas, kemudian disaring dan diambil airnya. Air rebusan ini cukup diminum segelas sehari.

5) Khasiat lain (menyembuhkan infeksi ginjal dan kencing batu,menambah nafsu makan, menghilangkan panas, dan mengobati encok).

Semua bagian tanaman kumis kucing dapat pula direbus atau dikeringkan, lantas diseduh seperti minum teh.

Untuk membeli kapsul ekstrak KUMIS KUCING dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan Klik di Sini.

About these ads

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Manfaat / Khasiat Obat Herbal Kumis Kucing

  1. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari khasiat tanaman kumis kucing untuk kesehatan. terimakasih sudah berbagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s