Khasiat / Manfaat Jamur Lingzhi

ARTIKEL I

JAMUR yang satu ini, memang berbeda dengan jamur yang lainnya. Bahkan dilihat sepintas, jamur yang dikenal dengan sebutan Ling Zhi oleh orang China, dan Mannetake atau Reishi oleh orang Jepang ini, mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan jamur-jamur lainnya. Sebutan lain, dari jamur ini ialah Ganoderma.

Warnanya yang agak merah kecoklak-coklatan, mempunyai daya tarik tersendiri. Jamur ini sejak ribuan tahun yang lalu, telah menjadi perhatian banyak orang, terutama kalangan ilmuwan yang bergerak dalam pengobatan tradisional. Lingzhi bagai seorang gadis cantik dari kayangan, yang mampu merebut perhatian banyak orang, sehingga permintaan pasar semakin meningkat.

Wajar kalau kemudian, jamur ligzhi ini sering disebut sebagai “Jamur Sepuluh Ribu Tahun” atau “Jamur Sumber Kehidupan” karena khasiat dan kandungan mampu memberikan dampak positif bagi orang yang terkena penyakit yang tergolong berat. Hal tersebut, memang sudah dirasakan semua masyarakat, bahkan di negeri China dan Jepang, lingzhi menjadi primadona, sebab telah ribuan tahun menjadi makanan konsumsi para kaisar.

Jamur ini pertama kali dikonsumsi, oleh kaisar Sin Shi Huang Ti (Huang Di) pada tahun 250 SM, sebagai obat panjang umur. Karena dalam sejarahnya, kaisar yang berhasil mempersatukan daratan China dalam satu pemerintahan itu tidak ingin mati, dan mencari obat panjang umur. Salah satu obat yang berhasil ditemukan oleh sin she di zamannya itu ialah jamur lingzhi ini.

Sebagai jamur yang merupakan substitusi ramuan obat-obatan, terutama berbentuk serbuk atau keratannya, lingzhi bukan tergolong jamur konsumsi seperti jamur tiram atau jamur kuping misalnya. Dalam catatan kitab kuno, terutama China, Jepang, dan Korea. Menempatkan lingzhi sebagai bahan konsumsi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Bahkan negeri China, tercatat sebagai salah satu negara yang sangat potensial menghasilkan lingzhi. Pangsa pasar yang dibidik China, dalam mengembangkan lingzhi hampir menembus ke berbagai negara Asia dan Eropa. Bahkan dalam penyebaran pemasarannya, dibantu melalui jaringan internasional, sehingga China semakin produktif dalam budidaya lingzhi.

Masyarakat China maupun Jepang mempercayai, bahwa lingzhi merupakan makanan yang bisa memperpanjang usia manusia dengan tetap mempunyai badan prima, segar, dan sehat. Maka tak heran, kalau orang China rata-rata berusia panjang dengan kesehatan tubuh yang tetap prima.

Drs. H. Unus Suriawiria, pakar jamur dan dosen senior bioteknologi ITB dalam keterangannya, mengatakan, hasil penelitian pada lembaga kanker di Jepang dan Amerika Serikat, menunjukkan hal yang positif bahwa lingzhi dapat dijadikan untuk menangkal dan mencegah penyakit  kanker, dan juga mampu mengobati penyakit yang sudah menyerang pasien kanker. “Bahkan terhadap virus HIV/AIDS, ekstrak jamur lingzhi ini sudah memperlihatkan manfaatnya yang sangat meyakinkan, serta dapat mencegah dan menghambat kehidupan virus,” ujarnya.

Sejarah penggunaan jamur lingzhi dalam pengobatan, menurut Unus Suriawiria, ternyata sudah sejak lama digunakan oleh banyak suku Indian di Meksiko (suku bangsa Maya), sebagai obat penawar racun dan penyakit berbahaya lainnya. Bahkan oleh suku bangsa Sherpa, yang berdiam di kaki pegunungan Himalaya yang terkenal dingin dan selalu “kekurangan oksigen”, ramuan yang berisi jamur ini dapat dijadikan obat untuk penangkal penyakit yang sebabkan oleh “ketinggian tempat”.

Dijelaskan Unus, produk jamur lingzhi, baik dalam bentuk serbuk halus, keratan atau ekstraknya, mulai banyak dipasarkan dalam bentuk: (1) serbuk saja dengan kemasan antara 100-500 gram. (2) serbuk dengan kemasan kapsul, (3) serbuk ditambah dengan bahan lainnya seperti serbuk teh hijau, (4) keratan yang dimasukkan ke dalam ramuan bahkan anggur, (5) larutan ekstrak.

Sedangkan kandungan senyawa kimia, yang konon memiliki khasiat obat dari jamur lingzhi, antara lain: ganodermin, ganoderan, asam ganodermin, triterpen, peptidoglukan, di samping sejumlah vitamin, misalnya vitamin E dan sejumlah mineral.

(Sumber : mitra-bisnis.tripod.com)

Untuk membeli kapsul LINGZHI dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan klik blog : OBAT TRADISIONAL.

ARTIKEL II

Sama seperti jamur kayu lainnya yaitu jamur tiram, jamur kuping dan shiitake; jamur ling zhi ini aman dikonsumi manusia, bahkan berkhasiat sebagai obat. Manfaat jamur Ling Zhi sudah terkenal berabad-abad lamanya dan diyakini sebagai obat awet muda yang membuat orang tidak akan mati-mati (elixir of immortality).

Manfaat Jamur Ling Zhi

Meningkatkan kebugaran tubuh

Para pakar Jepang telah meneliti manfaat jamur ling zhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, jamur ling zhi mengandung germanium organic. Senyawa ini mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat.

Kandungan oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat jamur ling zhi ini melebihi khasiat ginseng 6 kali lipatnya.

Mencegah dan Melawan Sel-sel Kanker

Racun dalam tubuh adalah lahan empuk bagi sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak. Jamur Ling Zhi berkhasiat membersihkan racun dari dalam tubuh. Jika tubuh telah bersih dari racun, otomatis sel-sel kanker tidak akan mampu berkembang biak atau menyebar, bahkan akan mati.

Menormalkan Fungsi Tubuh yang Terganggu

Daya adaptogen jamur Ling Zhi mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau menormalkan kembali sel-sel yang tidak normal. Karena itu, jamur ling zhi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya memperbaiki organ-organ dalam tubuh sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Secara singkat, jamur Ling Zhi memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :
• meningkatkan sistem kekebalan tubuh
• menormalkan tekanan darah tinggi maupun rendah
• mencegah stroke
• antioksidan
• antinyeri
• antiradang
• antivirus
• antijamur
• antialergi
• menurunkan kadar lemak, kolesterol dan gula darah
• menyembuhkan bronchitis dan hepatitis
• menekan efek samping kemoterapi / radiasi

Manfaat Jamur Ling Zhi Berdasarkan Warnanya
Setidaknya ada 6 warna jamur Ling Zhi yang diketahui memiliki khasiat, yaitu:
• Ling Zhi merah, berkhasiat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah,
• Ling Zhi ungu, berkhasiat untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan persendian,
• Ling Zhi hijau, berkhasiat mengatasi masalah liver,
• Ling Zhi putih, berkhasiat untuk mengatasi gangguan paru-paru dan kulit,
• Ling Zhi kuning, berkhasiat untuk mengatasi ganggunan limpa,
• Ling Zhi hitam, berkhasiat untuk mengatasi gangguan ginjal dan otak.

Untuk memperoleh manfaat jamur Ling Zhi yang bertekstur keras dan kenyal ini, biasanya mereka harus merebusnya terlebih dahulu. Setelah itu, air rebusannya mereka minum meskipun rasanya pahit. Namun kini, jamur Ling Zhi telah diolah dalam bentuk kapsul sehingga mudah ditelan tanpa harus menahan rasa pahit.

Jamur Lingzhi, merupakan salah satu jamur paling tua dikenal manusia sebagai bahan konsumsi. Berbeda dengan jamur-jamur lainnya, penggunaan jamur ini lebih cederung sebagai “fitopharmaka” (obat nabati).

Dr. P. Wahyudi Halim mengatakan, “Secara umum konsumsi rutin lingzhi merangsang produksi interferon dan interleukin I dan II sebagai anti kanker.” Prof. Dr. Agus Sudjarwo, periset fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah membuktikan bahwa lingzhi tokcer mengatasi kanker paru.

Sejak jaman dulu, LingZhi, Reishi atau Ganoderma lucidum sudah dipercaya sebagai peningkat system kekebalan tubuh. Penggunaannya secara rutin diyakini dapat memperpanjang usia. Orang-orang Jepang dan Cina sudah membuktikannya sejak ribuan tahun lalu. Sekarang ini, dengan bantuan teknologi modern, unsur-unsur yang menyebabkan LingZhi menjadi berkhasiat ini diteliti terus menerus dan memang terbukti secara klinis bahwa jamur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Prof. Feng-Lin Hsu, Ph.D, Professor dan Direktur pada Graduate Insitute of Pharmacognosy Science, Taipei Medical University, Departemen Ilmu dan Teknologi Farmakognosi, Jepang mengungkapkan, ”hasil penelitian medis tentang LingZhi menyebutkan bahwa jamur ini mampu menghambat sel kanker payudara, mendukung fungsi hati, mengoptimalkan dan mengatur system kekebalan tubuh dan fungsi lain seperti menurunkan gula darah, kadar kolesterol, mencegah batuk dan insomnia.

(Sumber : salunsz.blogspot.com)

Untuk membeli kapsul LINGZHI dan berbagai jenis kapsul herbal lain, silakan klik blog : OBAT TRADISIONAL.

About these ads

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Khasiat / Manfaat Jamur Lingzhi

  1. Baju Bali berkata:

    Terimakasih informasinya sangat bermanfaat

    salam,

    • OBAT TRADISIONAL INDONESIA berkata:

      @Baju Bali : Sama2 terimakasih. Mari kita tingkatkan penggunaan tanaman obat tradisional, semoga bermanfaat untuk mencegah & menyembuhkan penyakit.

  2. bali villas berkata:

    sangat bermanfaat sekali info yg di berikan,terima kasih

    • OBAT TRADISIONAL INDONESIA berkata:

      @Bali Villas : Terimakasih atas kunjungannya di blog Tanaman Obat Tradisional, semoga bermanfaat.

  3. mfbi berkata:

    good information

  4. Jamur emang bermanfaat. Kami banyak mengkonsumsi jamur dalam keseharian. Sampai bumbu masak kamipun berbahan jamur.

  5. Eno berkata:

    Ngomong-ngomong obat TRADISIONAL, sy mau menawarkan juga nech Bos,,,,,,,,
    kalau ada yg membutuhkan Bahan Obat Tradisional sy siap suplay BARU CINA dan BINAHONG kering siap Giling.
    Utk info bs Hb : 0853 6868 3525
    BB : 2A1E80CD
    Trima kasih

  6. Jamur Keluarga berkata:

    Terima kasih atas uraian yang sangat berguna ini..
    Mohon di izinkan untuk copas, kebetulan kita ada produk Kopi Jamur Ling zhi ini dan juga dalam kemasan kapsul. Bagi yang berminat merasakan manfaatnya, silahkan menghubungi kami.

    Terima kasih atas share nya… sangat bermanfaat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s