Manfaat / Khasiat Obat Herbal Sambung Nyowo

tanaman sambung nyawa

Dari site http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0408/06/ilpeng/1191362.htm saya peroleh naskah tentang Daun Sambung Nyawa / Sambung Nyowo, ditulis oleh Wuryani Siwi Listyani. Saya mendapatkan setekan Daun Sambung Nyawa tersebut dari Rm. I. Ismartono, SJ yang menanam tanaman tersebut di kebun mungil di halaman teratas pastoran Kolese Kanisius Jakarta. Sekarang ini sudah tumbuh subur, dan mulai dipanen untuk dikonsumsi secara teratur.

Daun Sambung Nyowo atau Sambung Nyawa
– Tanaman Alternatif untuk Hipertensi

TEKANAN darah memang jarang sekali diperhatikan oleh seseorang sampai akhirnya muncul masalah serius. Pasalnya, gejala tekanan darah ini kadang-kadang tak timbul sampai akhirnya muncul serius.
HIPERTENSI, sebutan bagi penyakit darah tinggi ini, tergolong unik. Mudah dideteksi, tetapi sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Dokter pun tak bisa menyembuhkan penyakit ini secara tuntas. Yang bisa dilakukan hanyalah menjaga tekanan darah supaya tetap stabil dengan berbagai jenis obat antihipertensi.

Hipertensi adalah keadaan dimana kemampuan tubuh untuk mengendalikan tekanan darah berkurang atau bahkan hilang. Orang yang mengalami hipertensi kemungkinan juga akan rentan terhadap tiga komplikasi pada organ penting dalam tubuhnya, yakni komplikasi ginjal (10 persen), komplikasi otak/stroke (15 persen), dan komplikasi jantung (75 persen). Bahkan, hipertensi merupakan faktor risiko penting terhadap serangan jantung koroner.
Hipertensi sering terabaikan karena tidak menimbulkan gejala yang cukup signifikan. Selain itu, masyarakat juga banyak yang tidak tahu cara untuk mengendalikannya. Mereka pun tak mengetahui bahwa penderita hipertensi harus mengkonsumsi obat secara terus-menerus meskipun tekanan darah sudah turun.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan standar tentang tinggi rendahnya tekanan darah seseorang tanpa melihat faktor usia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, ternyata didapatkan bahwa satu dari tiga pria dan satu dari empat wanita berada pada tipe Perbatasan (borderline type) sehingga untuk tipe ini harus benar-benar mencegah agar tidak menjadi hipertensi dan berusaha untuk masuk ke dalam tipe normal dan menjaga tekanan darahnya tetap stabil.

Tekanan darah seseorang dalam setiap harinya juga mengalami variasi dalam 24 jam. Terlebih pada penderita hipertensi, variasi tersebut akan terlihat jelas. Umumnya tekanan darah akan meningkat pada saat bekerja dan akan mencapai titik terendah pada saat tidur.

Setiap lima menit

Beberapa penelitian di Indonesia menjelaskan, prevalensi hipertensi berkisar antara 17-22 persen. Jadi, mengobati hipertensi di masyarakat dengan benar akan dapat menurunkan efek lebih lanjut, seperti penyakit jantung koroner, karena hipertensi merupakan faktor resiko penting penyebab penyakit jantung koroner. Tujuan pengobatan hipertensi saat ini adalah, selain untuk menurunkan tekanan darah, juga ditujukan untuk menurunkan komplikasi kardiovaskular. Menurut konsensus JNC V12, pengobatan nonfarmakologik didahulukan. Jika gagal, penderita hipertensi harus menelan obat-obatan farmakologik seumur hidupnya.

Di Indonesia banyak masyarakat yang mengobati hipertensi dengan obat tradisional. Hal ini dilihat dari banyaknya jenis obat tradisional maupun fitofarmaka untuk mengobati hipertensi yang beredar di pasaran dan dikonsumsi oleh masyarakat. Banyak jenis tanaman yang dikonsumsi oleh masyarakat untuk hipertensi, seperti seledri, belimbing wuluh, bawang putih, dan mengkudu. Belakangan ini juga mulai banyak diadakan penelitian untuk daun sambung nyawa, satu jenis tanaman asli Indonesia yang sebenarnya sudah lama dipakai oleh masyarakat, tetapi belum terbukti khasiatnya secara ilmiah. Penelitian tentang khasiat daun sambung nyowo tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga di negara lain seperti Malaysia, Singapura, bahkan di Korea Selatan.

Penelitian tentang khasiat daun sambung nyawa untuk mengendalikan tekanan darah yang dilakukan antara lain “Uji Efek Hypotensif Gynura Procumbens (Lour) Merr pada Tikus Jantan” oleh Endang Hardini (Puslitbang Farmasi, Departemen Kesehatan RI) dan “Significant Suppresive Effect of Gynura Procumbens on Hypertension in Hypertensive Rats”, oleh Hee Jae Lee, et al (Department of Pharmacology, College of Medicine, Kyung Hee University, Seoul, Korea).

Penelitian yang dilakukan oleh Hee Jae Lee dan kawan-kawan dilakukan pada tikus jantan dewasa yang dilakukan selama empat minggu dengan diberi ekstrak daun sambung nyawa (500 mg/kg) memberikan hasil yang sangat menggembirakan.
Dari hasil penelitian tersebut ternyata dapat dibuktikan secara ilmiah tentang khasiat dari daun sambung nyawa yang biasanya digunakan hanya berdasarkan pengalaman.

Biasanya daun sambung nyowo dikonsumsi hanya sebagai lalapan yang dimakan sebagai hidangan pelengkap. Namun, belakangan ini sudah ada beberapa produsen yang mengolahnya menjadi serbuk yang dikemas dalam kapsul yang praktis. Dengan demikian, konsumen yang kesulitan mengonsumsi sambung nyawa segar dapat terbantu, lagi pula dengan kapsul dapat diukur dosis yang kita konsumsi dan mudah kita konsumsi kapan saja dan di mana saja.
Di pasaran sekarang ada juga daun sambung nyawa yang diproduksi sebagai food supplement, yang berbeda dengan sambung nyawa sebagai obat tradisional. Dalam food supplement ini sudah ditambahkan beberapa komponen lain yang mendukung terjadinya efek sinergi dari sambung nyawa dan komponen tambahan tadi. Selain untuk menjaga tekanan darah agar tidak naik, sebenarnya daun sambung nyowo masih mempunyai banyak efek lain yang bagus untuk kesehatan, seperti mengendalikan kadar gula darah (antidiabetes), menurunkan kolesterol, mencegah dan memperbaiki kerusakan ginjal, dan mengurangi peradangan (anti-inflamasi).

Masing-masing khasiat tadi juga telah terdapat penelitiannya secara ilmiah. Jadi, mungkin ada benarnya bila daun ini dinamakan sambung nyowo karena khasiatnya yang banyak bagi kesehatan sehingga seolah-olah dapat menyambung nyawa.
Memang Indonesia kaya akan ragam tanaman obat tradisional sehingga kita punya begitu banyak alternatif untuk pengobatan. Namun, satu hal yang perlu diingat juga bahwa obat-obatan tersebut hanya sebagai pembantu saja. Jadi, pola hidup sehat juga harus kita lakukan agar penyakit yang kita derita dapat cepat tertanggulangi.
Wuryani Siwi Listyani Peneliti di PT Jinyoung, Bogor.

Untuk membeli kapsul SAMBUNG NYOWO / SAMBUNG NYAWA dan bermacam kapsul herbal lain, silakan klik blog : TOKO OBAT TRADISIONAL.

( Sumber : pujasumarta.multiply.com/photos/album/92/DAUN_SAMBUNG_NYAWA? )

About these ads

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s