Manfaat / Khasiat Obat Herbal Sidaguri

tanaman sidaguri

ARTIKEL I

Sidaguri atau Sidagori (Sida rhombifoli Linn.) merupakan salah satu jenis tanaman obat dari famili Malvaceae. Tanaman ini adalah tanaman semak yang tumbuh liar dan banyak ditemui di pinggir selokan, sungai dan di bawah pohon besar. Sidaguri tersebar pada daerah tropis di seluruh dunia dari dataran rendah sampai ketingian 1450 m di atas permukaan laut. Bentuk batang agak berkayu, bulat dan bewarna cokelat. Daunnya berjenis tunggal dengan letak daun berseling berbentuk jantung. Buahnya buah batu terdiri dari 8 – 10 kendaga, dengan buah muda berwarna hijau dan buah tua berwarna hitam. Salah satu khasiat utama Sidaguri adalah menyembuhkan penyakit asam urat yang sering diderita baik lelaki maupun perempuan di atas usia tiga puluh tahun.

Kandungan Sidaguri

Sidaguri / sidagori memiliki sifat khas manis dan mendinginkan. Daunnya mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak atsiri. Batang Sidagori mengandung kalsium oksalat dan tanin. Sementara bagian akar mengandung alkaloid, steroid, dan efedrine.

Kegunaan Sidaguri

Sidaguri memiliki khasiat anti radang, anti inflamasi, diuretik dan analgesik. Pada awalnya tanaman ini sering digunakan untuk mengobati penyakit, rematik, demam, disentri, peluruh haid, dan pelembut kulit. Namun belakangan ini sidaguri banyak dimanfaatkan oleh penderita penyakit asam urat. Pada prinsipnya semua orang mengandung asam urat dengan kadar yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan metabolismenya. Kadar normal asam urat di dalam darah berkisar antara 2 – 7 mg% . Bila melebihi dari 7 mg%, dapat menimbulkan GOUT akibat kristalisasi dalam persendian. Gout adalah serangan asam urat yang parah sehingga penderita benar-benar merasa kesakitan. GOUT yang disebabkan oleh asam urat memang muncul sesekali karena metabolisme purin yang tidak normal. Makin tinggi kadar purin dalam darah maka akan tinggi pula kadar asam urat.

Pemanfaatan Sidaguri sebagai obat asam urat

Untuk menyembuhkan asam urat, gunakan satu batang lengkap tanaman sidagori / sidaguri termasuk akarnya (100 g/tanaman). Cuci bersih lalu rebus dengan satu liter air hingga tersisa setengahnya. Air rebusan sidagori rasanya sedikit langu, karenanya setelah disaring, tambahkan sesendok gula pasir atau gula merah ke dalam air seduhan hingga terasa agak manis. Agar proses penyembuhan asam urat lebih optimal, minum air rebusan ini selama tiga hari.

Untuk membeli kapsul SIDAGURI dan bermacam kapsul herbal lain, silakan klik blog : TOKO OBAT TRADISIONAL.

(Sumber : conectique.com)

ARTIKEL II

Bahan kimia yang terkandung dalam tanaman SIDAGURI antara lain:

  • alkaloid
  • kalsium oksalat
  • saponin
  • tanin
  • phenol
  • asam amino
  • minyak terbang
  • zat phlegmatic
  • lubrikan pengobatan tradisional untuk asam urat dan rematik, berupa akar-akaran tumbuhan yang bisa ditemukan hidup subur dan liar di Indonesia. Katanya, tumbuhan yang tepat untuk pengobatan asam urat adalah Sidaguri atau Sida rhombifolia L. Obat tradisional dari sidaguri ini memang bisa digunakan secara sendiri, atau satu jenis, maupun racikan yang dicampur dengan bahan lainnya. Salah satu campuran yang sangat baik bagi pengobatan asam urat adalah dengan mencampur racikan bersama mahkota dewa. Sidaguri merupakan tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak bercabang. Tinggi tumbuhan mencapai 1 sampai 2 meter di daerah tropis berketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh subur dengan sinar matahari yang cukup. Perkembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan dengan biji maupun dengan stek batang. Ciri-ciri tumbuhan ini adalah bentuk daunnya yang bulat telur memanjang dan tepinya bergerigi. Panjang daunnya 1 sampai 4 centimeter dengan lebar 1 sampai 2 centimeter. Bunganya tunggal berwarna kuning. Bunganya mekar di siang hari dan hanya bertahan tiga jam saja. Sedangkan buahnya berupa kendaga. Khasiat sidaguri ini didapatkan dari kandungan kimiawi di dalamnya, yaitu alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang, dan zat philegmatic Pada batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. Pada akarnya pun terdapat kaloid, steroid dan efedrine. Dalam pengobatan tradisional, bagian yang digunakan adalah seluruh bagian tumbuhan dengan kondisi segar atau dikeringkan. Selain sebagai obat tradisional asam urat dan rematik, sidaguri bermanfaat untuk flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah, dan eksim. Khusus untuk akarnya, digunakan untuk mengatasi influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar/sembelit dan rematik. Sifat Kimiawi : Daun – alkoloid, calsium oksalat, tanin, saponin, phenol, asam amino, minyak terbang. Zat phlegmatic untuk ekspectoran dan lubrikan. Batang – Calsium oksalat dan tanin. Akar – alkoloid, steroid dan efedrine.

Efek Farmakologis Tanaman Sidaguri  : manis, pedas dan sejuk. Masuk meridien jantung, hati, paru, usus besar dan kecil. Anti radang (anti inflamasi), peluruh kencing (diuretik) dan menghilangkan sakit (analgetik). Akar : manis tawar, sejuk.

Cara budidaya : Dengan biji atau stek, pemeliharaannya mudah. Semak, batang berkayu, bulat, warna putih kehijauan. Daun tunggal, berseling, bentuk jantung, ujung bertoreh, berbulu rapat, warna hijau. Bunga tunggal, bulat telur, di ketiak daun, mahkota bunga berwarna kuning. Buah batu, buah muda berwama hijau, buah tua berwarna hitam.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya.

1. Perut mulas : Akar dan jahe dikunyah dan ditelan airnya.

2. Rhematik : Seluruh tumbuhan termasuk akar sebanyak 60 gr kering, digodok dan diminum.

3. Asam urat tinggi : Lima batang akar, cuci, potong kecil dan rebus dengan 2 gls air sampai mendidih, tuang ke gelas berikut akar dan tutup semalaman, esoknya disaring dan diminum sebelum sarapan. rebus sekali lagi untuk sorenya.

4. Cacing Kremi : Daun 1/5 genggam dicuci dan digiling halus, tambah 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam, peras dan minum 2x sehari.

5. Sakit gigi : Akar dikunyah.

6. Sengatan lebah : Bunga dilumatkan dan tempel.

7. Asma : Akar 60 gr ditambah 30 gr gula pasir, godok dan airnya diminum.

RAMUAN DAN TAKARAN

Cacing Keremi Ramuan: Daun Sidaguri 9 helai, Bunga Sidaguri 3 kuntum, Air 110 ml

Cara pembuatan: Dibuat minuman.

Cara pemakaian: Diminum 2 kali sehari, tiap kali minum 100 ml.

Lama pengobatan: Lakukan konsumsi selama 4 hari.

Disentri Ramuan: Herba Sidaguri 5 gram, Herba daun Sendok 4 gram, Air 110 ml

Cara pembuatan: Dibuat minuman.

Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 100 ml.

Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

Disengat Lebah Gosokkan bunga Sidaguri pada tempat yang disengat.

Ketombe dan Kurap Ramuan: Daun Sidaguri (serbuk) 1 sendok makan, Minyak Kelapa 100 ml

Cara pembuatan: Dididihkan sebentar kemudian dienap dan tuangkan.

Cara pemakaian: Digosokkan pada kulit kepala.

CATATAN : Wanita hamil dilarang minum.

(Sumber : przeprowadzki.art-pr.com.pl/przeprowadzki//w/id/Sidaguri )

Untuk membeli kapsul SIDAGURI dan bermacam kapsul herbal lain, silakan klik blog : Toko Obat Herbal Online.

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Manfaat / Khasiat Obat Herbal Sidaguri

  1. Basri berkata:

    Trima kasih info ,…nya , akan saya coba
    Moga Asam urat saya normal ,

    • OBAT TRADISIONAL INDONESIA berkata:

      @Basri : Sama2, terimakasih atas kunjungan Anda ke blog TANAMAN OBAT TRADISIONAL. Selamat mencoba, semoga ada manfaatnya :)

  2. abdurrahman berkata:

    Ada yang jual (bibit) tanamannya? di mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s