Obat Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit Ginjal

ARTIKEL I

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti manusia. Karena untuk mengobati batu ginjal yang sudah terlanjur parah membutuhkan biaya yang besar. Baik dengan cara operasi pembedahan maupun dengan metode tembakan laser untuk menghancurkan batu-batu ginjal yang keras. Penderita batu ginjal juga menderita akibat rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Salah satu cara alami untuk mengobati dan mencegah batu ginjal adalah dengan cara minum air rebusan kacang merah. Caranya adalah dengan mengeluarkan isi kacang merah dari lapisan bungkus polongnya kemudian diiris-iris tipis dan masukkan ke dalam air panas untuk dididihkan selama kurang lebih 4 jam lamanya. Setelah empat jam direbus, saring dan biarkan sampai dingin. Lalu minum air cairan rebusan kacang merah tersebut sampai habis. Jika dilakukan secara rutin dan benar, mudah-mudahan batu ginjal sembuh dan anda bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Air rebusan batang brotowali yang telah disaring juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ginjal, panas badan, dan penyakit bengkak-bengkak di kulit.
Selain itu daun brotowali yang sudah ditumbuk halus dapat digunakan untuk menyembuhkan luka maupun infeksi dengan cara menempelkannya di sekitar luka.

Akar alang-alang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Alang-alang, menurut Profesor Hembing, ahli pengobatan tradisional dan akupunktur, berkhasiat sebagai obat untuk berbagai gangguan kesehatan, seperti: batu ginjal, infeksi ginjal, kencing batu, batu empedu, buang air kecil tidak lancar atau terus-menerus, air kemih mengandung darah, prostat, keputihan, batuk rejan, batuk darah, mimisan, pendarahan pada wanita, demam, campak, radang hati, hepatitis, tekanan darah tinggi, urat saraf melemah, asma, radang paru-paru, jantung koroner, gangguan pencernaan, diare, dll.

Saat ini, alang-alang sudah sering diteliti secara ilmiah. Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya, Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, menyebutkan bahwa di luar negeri alang-alang sudah dibuat obat paten.

Hasil penelitian tentang tanaman ini menyebutkan bahwa ada kandungan manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, dan logam alkali. Dengan kandungan-kandungan itu, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus.

Tanaman obat tradisional lain yang berguna untuk mengobati penyakit ginjal adalah: tapak liman, pegagan, sambloto dan mengkudu. Tanaman obat tersebut mempunyai beberapa fungsi dalam mengatasi gangguan fungsi ginjal seperti antibiotik, anti radang, anti infeksi, antitoksik, peluruh kencing dan juga sebagai penenang.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting, sedemikian pentingnya sehingga kegagalan fungsi ginjal dapat mengakibatkan fungsi ekskresi terganggu sampai hal fatal seperti kematian. Namun berbagai cara dapat di lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal , diantaranya adalah menjaga pola makan yang sehat dan menghindari obat yang dapat merusak ginjal.
Manusia mempunyai dua buah ginjal , kiri dan kanan. Terletak pada dindig belakang perut kira kira setinggi pinggang, disisi kiri dan kanan tulang masing masing sekitar 140 gram. Bentuk ginjal seperti biji kacang dengan sisi dalamnya disebut hillium menghadap ke tulang belakang. Sisi luarnya berbentuk cembung. Pembuluh pembuluh darah ginjal semuanya masuk dan keluar pada hillium.

Berikut adalah tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan fungsi ginjal

Tanaman Obat tradisional Pegagan
Rasanya manis sifatnya sejuk. Khasiatnya yang berhubungan untuk mengatasi gangguan ginjal adalah sifatnya seperti tonik, anti infeksi, anti toksik, peluruh kencing (diuretik ringan), pembersih darah, pereda demam (antipiretik), penenang (sedatif), mempercepat penyembuhan luka dan millenrian pembuluh darah tepi (vasodilator perifer)
Pegagan mengandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, brahmoside, brahmin side, brahmic acid, madasiatic acis, hydrocotyline, mesoinositol, centellose, carotenoids. Garam mineral ( seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi), zat pahit vellarine dan zat samak.

Tanaman Obat Tradisional Tapak Liman
Rasanya agak pahit dan pedas. Bersifat sebagai astrigen dan sejuk. Khasiatnya yang berhubungan untuk mengatasi gangguan ginjal adalah sebagai pereda demam (anti piretik), antibiotik, anti radang, peluruh kencing (diuretik), menghilangkan bengkak, penawar racun (detoksisan).
Daun tapak liman mengandung elephantopin, deoxy-elephantopin, isodeoxy-elephant pin, 11-13 dihydro-dioxy-elephant pin, elephantin, epifriedelinol, stigma sterol, draconian 1-ol, lupeol, lupeol acetat.
Bunga : flavoinoda lute Olin 7, glucosidal.
Akar : epiprielinol, lupeol, stigmasterin.

Tanaman Obat Tradisional Pace / Megkudu
Khasiatnya yang berhubungan sengan gangguan ginjal adalah sebagai peluruh kencing, menurunkan tekanan darah, radang ginjal , menurunkan gula darah dalam penderita diabetes (efek hipoglikemik). Mengkudu mengandung senyawa kimia seperti antrakuinon, morindin, asam malat, asam sitrat, glucose, saponin, alkaloid, serotonin, acubin, demnacanthal, antraquinon, L.asperuloside, alizarin, terpenoid, scopoletin, vit C, anti oksidan, mineral, protein, karbohidrat, enzim dan alkaloid.

Untuk membeli berbagai jenis kapsul herbal, silakan Klik di Sini.

Sumber asli: organisasi.org/ http://saratmanfaat.com/ http://obat-tradisional.aparsuparjo.com/ http://lufisukesi.blogspot.com

Untuk membeli obat herbal PENYAKIT GINJAL dan berbagai jenis kapsul obat herbal lain, silakan klik : Toko Obat Herbal Online.

ARTIKEL II

Ginjal adalah sepasang organ kembar terletak sebelah menyebelah tulang belakang, di bawah sedikit rangka tulang rusuk. Ginjal menjalankan fungsi penting sebagai berikut:

• membersihkan bahan serta cairan berlebihan dari dalan darah.
• membersihkan darah, menyimpan yang masih baik dan membuang yang sudah rusak.
• menormalkan tekanan darah, menentukan jumlah sel darah serta kesehatan tulang-tulang.

Bila ginjal tidak berfungsi, yang terjadi adalah:
Badan tidak mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, garam serta lain-lain bahan. Jumlah racun di dalam badan bertambah serta menyebabkan pembengkakan (OEDEMA). Cairan dalam badan berubah dengan pesat sehingga metabolisme dalam tubuh terganggu serta kematian siap mananti, kecuali jika dilakukan pencucian darah (dialisis).

Tanda-tanda penyakit ginjal

→ rasa sakit dan perih atau kesulitan saat berkemih (kencing).
→ kerap berkemih/kencing terutama pada waktu malam.
→ mengeluarkan kencing berdarah
→ bengkak sekeliling mata, bengkak tangan serta kaki terutama di kalangan kanak-kanak.
→ rasa sakit di belakang tubuh (dimana terdapat ginjal), sedikit ke bawah dari tulang rusuk (tidak disebabkan oleh gerakan).
→ tekanan darah tinggi.

Penyebab Gagal Ginjal

Terjadinya gagal ginjal disebabkan oleh beberapa penyakit serius yang diderita oleh tubuh yang mana secara perlahan-lahan berdampak pada kerusakan organ ginjal. Adapun beberapa penyakit yang sering kali berdampak terhadap kerusakan ginjal diantaranya:
→ Penyakit tekanan darah tinggi (Hipertensi).
→ Penyakit kencing manis / gula (Diabetes Mellitus).
→ Adanya sumbatan pada saluran kemih (karena batu, penyempitan).
→ Kelainan autoimun, misalnya lupus eritematosus sistemik.
→ Menderita penyakit kanker (most cancers).
→ Kelainan ginjal, dimana terjadi perkembangan banyak kista pada organ ginjal itu sendiri (polycystic kidney illness).
→ Rusaknya sel penyaring pada ginjal baik akibat peradangan oleh infeksi atau dampak dari penyakit darah tinggi. Istilah kedokterannya disebut sebagai glomerulonephritis.

Adapun penyakit lainnya yang juga dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal apabila tidak cepat ditangani antara lain adalah; Kehilangan carian banyak yang mendadak (muntaber, perdarahan, luka bakar), serta penyakit lainnya seperti penyakit Paru (TBC), Sifilis, Malaria, Hepatitis, Preeklampsia, Obat-obatan serta Amiloidosis.
Penyakit gagal ginjal berkembang secara perlahan kearah yang semakin buruk dimana ginjal sama sekali tidak lagi mampu bekerja sebagaimana fungsinya. Dalam dunia kedokteran dikenal dua macam jenis serangan gagal ginjal, akut serta kronis.

(Sumber : blogsederhana.wikispaces.com, dilakukan perbaikan bahasa oleh penulis)

Untuk membeli obat herbal PENYAKIT GINJAL dan berbagai jenis kapsul obat herbal lain, silakan klik : Toko Obat Herbal di Internet.

About these ads

Tentang OBAT TRADISIONAL INDONESIA

Saya percaya bahwa obat herbal / obat tradisional Indonesia bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Tulisan ini dipublikasikan di kesehatan, obat herbal, obat tradisional dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s